Lompat ke konten

Konsultan Perizinan

+6281802265000

binamanajemenglobal@gmail.com

Home » Kementerian Pertanian RI Meluncurkan Aplikasi Perizinan Pertanian: Mempermudah Urusan Izin Usaha Pertanian

Kementerian Pertanian RI Meluncurkan Aplikasi Perizinan Pertanian: Mempermudah Urusan Izin Usaha Pertanian

 Aplikasi Perizinan Pertanian

Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) meluncurkan Aplikasi Perizinan Pertanian pada tanggal 16 November 2023 dalam rangka meningkatkan kemudahan berusaha di sektor pertanian. Diluncurkan pada acara 1st Agri-Investment Forum and Expo (AIFE) 2023 di Mojokerto, Jawa Timur, hal ini juga diharapkan dapat mempercepat, mempermudah, dan mengefektifkan proses perizinan usaha pertanian.

Aplikasi ini menjadi pintu masuk utama pelayanan perizinan di Kementan dan terintegrasi dengan berbagai sistem lain, seperti Online Single Submission (OSS), Indonesian National Single Window (INSW), dan aplikasi-aplikasi lain di Kementan. Hal ini bertujuan untuk menyederhanakan proses perizinan dan meningkatkan transparansi.

Manfaat Aplikasi Perizinan Pertanian

Menurut Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP), Leli Nuryati, aplikasi ini menawarkan beberapa manfaat bagi para pelaku usaha pertanian, di antaranya:

  • Pendaftaran perizinan usaha pertanian yang lebih mudah dengan sistem satu kali pendaftaran (single sign on).
  • Proses perizinan yang lebih cepat dan efisien.
  • Peningkatan transparansi dalam proses perizinan.
  • Pengurangan biaya pengurusan izin.

Baca Lainnya : Jasa Izin Lingkungan

Meningkatkan Target Investasi Pertanian

Kementan menargetkan peningkatan investasi di sektor pertanian hingga 100 persen dengan adanya peluncuran aplikasi ini. Hal ini juga sejalan dengan potensi dan peluang investasi pertanian yang besar di Indonesia, dengan berbagai komoditas yang belum termanfaatkan secara optimal.

Manfaat Aplikasi Perizinan Pertanian Bagi Kementan RI:

  • Meningkatkan pelayanan publik: Aplikasi ini membantu Kementan RI dalam meningkatkan pelayanan publik di bidang perizinan usaha pertanian.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas: Penggunaan alat ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses perizinan usaha pertanian.
  • Meningkatkan pendapatan negara: Dengan mempermudah proses perizinan usaha pertanian, harapannya dapat meningkatkan jumlah investasi di sektor pertanian dan ultimately meningkatkan pendapatan negara.

Secara keseluruhan, Aplikasi ini merupakan langkah maju yang Kementan RI ambil untuk meningkatkan kemudahan berusaha di sektor pertanian. Selain itu, diharapkan aplikasi ini dapat mendorong pertumbuhan investasi dan memajukan sektor pertanian Indonesia.

Percepat Izin Usaha Anda, Raih Keuntungan Lebih Cepat!

Hubungi BMG Consulting Group untuk konsultasi gratis dan pendampingan proses perizinan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *