Langkah Tepat Menggunakan Jasa Saat Mengurus Perizinan Usaha

Hal yang terlalu repot untuk mengurus Perizinan Usaha. Karena sangat banyak sekali langkah – langkah yang harus ditempuh. Seperti halnya mengurus surat yang digunakan sebagai persyaratan dalam mengurus izin. Berikut adalah surat yang harus dilengkapi.

  1. SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)

Surat ini akan dikeluarkan oleh Kelurahan atau kecamatan tempat usaha tersebut didirikan.

  1. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Surat inii menjadi hal yang wajib. Karena dengan surat ini, para pendiri usaha telah tertib dalam pembayaran pajak untuk usaha yang akan diurus izinnya.

  1. TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

Surat ini merupakan tanda bukti sebuah badan usaha telah melakukan kewajiban mendaftarkan badan usaha dalam daftar perusahaan.

  1. IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Tujuan adanya surat ini adalah untuk terciptanya tertib bangunan dan penggunaan lahan agar sesuai hukum yang ada.

  1. HO (Hinderordonnantie)

Merupaka surat izin gangguan. Atau surat yang menyatakan bahwa tidak ada gangguan atau keberatan pada likasi yang digunakan.

  1. Izin BPOM

Merupakan surat izin yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan. Izin ini harus ada pada badan usaha yang mengeluarkan produk makanan.

Dari ke enam surat tersebu memang belum semuanya dapat melengkapi persyaratan dalam mengurus Perizinan Usaha. Namun untuk saat ini ada jalan keluar untuk mengurus izin usaha. Yaitu dengan menggunakan Jasa Pembuatan PT dan Jasa Pembuatan CV. Memang 2 badan usaha tersebut menjadi populer dikalangan pendiri badan usaha. Yang membedakan keduanya adalah jumlah modal yang ada dalam sebuah badan usaha. Serta kepemilikan modal juga membedakan kedua badan usaha diatas.

Tentu saja proses mengurus Perizinan Usaha dari kedua hal tersebut berbeda. karena hasil yang dikeluarkan pun akan berbeda. seperti halnya pada PT, sebuah PT yang sudah memiliki akta akan diatur oleh UU tentang berdirinya PT. Namun berbrda dengan CV, karena tidak ada hukum yang mengatur untuk sebuah CV. Namun untuk usaha yang masih dalam kelas UKM, pembuatan akta CV sangat diperlukan. Hal tersebut akan berpengaruh dalam pencarian relasi dalam sebuah badan usaha.