Proses Dalam Perizinan Usaha

Sudah banyak untuk saat ini badan usaha yang memiliki izin usaha. Namun bisa dikatakan bahwa proses Perizinan Usaha memang cukup rumit. Ada banyak sekali persyaratan yang harus dilengkapi oleh pemilik usaha. Maka lebih banyak badan usaha kecil untuk melakukan usaha tanpa ijin usaha. Hal tersebut sangat salah dan tidak patut untuk dicontoh. Sebenarnya langkah demi langkah yang dilakukan untuk mengurus izin tidak akan berat jika dilakukan. Bukan hanya untuk dipikirkan. Seperti halnya dalam membuat CV. Badan usaha ini memang menjadi salah satu alternatif untuk para pengusaha yang memiliki modal terbatas. Untuk mengurus perijinan juga tidak begitu susah. Karena banyak jalan untuk menuju negeri china.

Sama seperti pepatah di atas. Untuk mendirikan CV ada banyak sekali jalan. Salah satunya dengan menggunakan Jasa Pembuatan CV. Dengan hal tersebut akan memudahkan para pendiri untuk mengurus Perizinan Usaha. Tapi jika ingin mengurus sendiri juga sangat bisa. Untuk mendirikan CV para pendiri harus datang ke kantor notaris. Nah, tapi sebelum datang ke kantor notaris harus ada beberapa hal yang disiapkan terlebih dahulu.

  1. Calon nama dari CV yang akan di dirikan.
  2. Tempat domisili dari CV
  3. Nama dari sekutu aktif dan pasif
  4. Visi dan Misi dari CV tersebut
  5. Persyaratan
    1. FC KTP Pendiri
    2. FC KK pendiri (direktur)
    3. FC NPWP
    4. FC PBB
    5. Surat Keterangan Kepemilikan Lahan
    6. Pas Foto 3 x 4 (4 lembar)

Jika semua persiapan di atas sudah lengkap, maka para pendiri bisa mengajukan Perizinan Usaha di kantor notaris. Dengan begitu semua izin akan diurus oleh pihak notaris. Namun ada kelemahan dari CV, yaitu tidak adanya badan hukum yang mengatur pendirian CV. Berbeda dengan PT, karena PT sudah ada UU yang mengatur berdirinya. Nah, jika ingin mendirikan sebuah PT maka sangat disarankan untuk menggunakan Jasa Pembuatan PT. karena akan cukup rumit untuk mengurus pembuatan PT. jadi tentukan pilihan untuk membuat badan usaha yang memiliki ijin.