Untuk mendirikan CV atau PT banyak sekali langkah yang harus dilakukan. Jika usaha yang akan didirikan sudah siap untuk mencari akta, maka langkah pertama adalah mengurus Perizinan Usaha. Nah, saat mengurus izin ini dapat dilakukan di notaris. Namun harus ada kelengkapan yang dibawa. 6 kelengkapan ini harus ada saat ingin mengurus pembuatan usaha.

  1. SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)

Surat ini akan dikeluarkan oleh Kelurahan atau kecamatan tempat usaha tersebut didirikan.

  1. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Surat inii menjadi hal yang wajib. Karena dengan surat ini, para pendiri usaha telah tertib dalam pembayaran pajak untuk usaha yang akan diurus izinnya.

  1. TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

Surat ini merupakan tanda bukti sebuah badan usaha telah melakukan kewajiban mendaftarkan badan usaha dalam daftar perusahaan.

  1. IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Tujuan adanya surat ini adalah untuk terciptanya tertib bangunan dan penggunaan lahan agar sesuai hukum yang ada.

  1. HO (Hinderordonnantie)

Merupaka surat izin gangguan. Atau surat yang menyatakan bahwa tidak ada gangguan atau keberatan pada likasi yang digunakan.

  1. Izin BPOM

Merupakan surat izin yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan. Izin ini harus ada pada badan usaha yang mengeluarkan produk makanan.

Nah, dari 6 surat Perizinan Usaha diatas memang belum lengkap atau komplit. Karena akan menyesuaikan pada jenis usaha yang akan di dirikan. Sebagai contoh untuk pendirian CV. Surat yang harus dilengkapi tidak serumit dengan surat untuk mengurus PT. namun para pendiri badan usaha tidak harus repot lagi. Karena jika ingin mendirikan CV, bisa menggunakan Jasa Pembuatan CV. Dengan itu urusan untuk masalah perizinan bisa di selesaikan oleh pihak penyedia jasa.

Begitu juga untuk badan usaha yang ingin mengurus pembuatan PT. cukup menggunakan Jasa Pembuatan PT. dan semua  Perizinan Usaha akan diselesaikan oleh para penyedia jasa. Selain mengurus semua perizinan, jasa tersebut juga bisa dijadikan sebagai konsultan tentang pendirian badan usaha.